Monday, June 7, 2010

Analisa WORLD CUP 2010 - Grup D


Analisa Pertandingan Piala Dunia Grup D (Jerman, Australia, Serbia, Ghana)

Dalam Grup D ini, bisa diyakini takkan ada yang ragu Jerman akan menjadi tim paling di favoritkan juara di Grup ini. Namun dalam laga sebenarnya Tim Panser ini tidak bisa meremehkan begitu saja tiga tim lainnya, terutama Serbia dan Ghana. Australia yang sekarang berada pada peringkat 23 FIFA pun layak di perhitungkan, walaupun sudah tidak segarang sewaktu di arsiteki Guus Hiddink

Australia pada Piala Dunia sebelumnya berhasil menembus 16 besar sebelum akhirnya di hentikan Italia dengan penalty Francesco Totti pada menit2 akhir. Pada waktu itu Italia akhirnya berhasil keluar sebaga juara Piala Dunia 2008. Australia memiliki modal dengan mencapai nilai sempurna dalam melewati kualifikasi di zona Asia, tapi bukan berarti tim yang di arsiteki Verbeek itu sudah matang. Mereka masih memiliki masalah pada barisan penyerang yang kurang dalam jumlah gol. Maklum saja mereka masih bertumpu pada 2 pemain yang sudah melewati masa keemasannya, Tim Cahil dan Harry Kewel. Namun untuk sektor penjaga gawang keberadaan Mark Schwarzer akan membuat rekan-rekannya lebih percaya diri dalam berimprovisasi.

Bila menganalisa secara keseluruhan, Der Panser (Julukan Tim Jerman), paling memberhitungkan Serbia yang berada di peringkat 19 FIFA dan Ghana yang berada di peringkat 27 FIFA. Kedua tim ini memiliki pemain merata di semua lini. Tim Ghana patut di perhitungkan, karena banyak hal. Tim ini sudah lama menjadi kekuatan AFrika. Pada PD yang terakhir mereka mampu menembus 16 besar, tetapi akhirnya mereka harus kandas di tangan Brasil, ini di karenakan kalah pengalaman dan teknik pemainnya. Pada babak kualifikasi, Michael Essien menjadi tim Afrika pertama yang lolos ke PD kali ini. Michael Essien menjadi instrumen terpenting karena ia merupakan otak dalam mengalirkan permainan, Ia juga sering membuat gol penting untuk menyelamatkan tim nya. Kehadiran Sulley Muntari, pemain Inter Milan, juga mempersolid line tengah Ghana. Ghana dibawah arsitek Milovan Rajevac memiliki nilai plus tersendiri, lantaran pelatih yang satu ini sudah mengerti karakteristik Ghana dikarenakan banyak memiliki materi pemain dari klub yang sudah bertahun-tahun di asuhnya, Red Star Belgrade.

Serbia memiliki pertahanan tangguh seperti, Nemaja Vidic dan Branislav Ivanovic. Dilini tengah mereka memiliki Milos Krasic dan Milan Jovanovic, Sedang di depan di motori oleh Nikola Zigic. Dengan lengkapnya Lini materi ini membuat pelatih Radomir Antic memiliki banyak alternatif dalam menyusun formasi, tergantung lawan yang di hadapi. Sehingga tidak berlebih jika Serbia menargetkan hingga semifinal.

Menurut saya, 3 orang yang akan bersinar pada Grup D ini adalah :

Full name : Nemanja Vidić
Date of birth : October 21, 1981
Place of birth : Titovo Užice, SFR Yugoslavia
Height : 6 ft 2 in (1.88 m)
Playing position : Centre back
Current club : Manchester United
Number : 15

Full name : Michael Essien
Date of birth : 3 December 1982
Place of birth : Accra, Ghana
Height : 5 ft 10 in (1.78 m)
Playing position : Midfielder
Playing Position : Defender
Current club : Chelsea
Number : 5

Full name : Branislav Ivanović
Date of birth : 22 February 1984
Place of birth : Sremska Mitrovica, SFR Yugoslavia
Height : 1.88 m (6 ft 2 in)
Playing position : Right Back / Centre Back
Current club : Chelsea
Number : 2

Jadwal Pertandingan Grup D
Minggu 13 Juni - Jerman vs Australia
Minggu 13 Juni - Serbia vs Ghana
Jumat 18 Juni - Jerman vs Serbia
Sabtu 19 Juni - Ghana vs Australia
Rabu 23 Juni - Ghana vs Jerman
Rabu 23 Juni - Australia vs Serbia

0 comments:

Post a Comment