Wednesday, July 7, 2010

Cara Mengganti Catride Canon Pixma 1900

Seiring majunya teknologi, sekarang suntik catride juga semakin di proteksi oleh empunya pembuat printer. Pada kasus ini, Produsen printer Canon juga sudah memiliki software yang mengharuskan refill tinta dengan Catride yang baru. Sehingga jika tinta habis, maka tinta secara normal tidak bisa di refill dengan suntikan, melainkan harus beli tinta baru atau mengganti Catride yang baru. Padahal dari segi harga, mungkin bisa 3 berbanding 1 atau 3x suntik refil mendapat 1 Catride tinta original. Banyak juga kan selisihnya.

Pada printer Canon, aga sedikit ribet memang waktu melakukan Refil tinta, apalagi kalo tintanya sudah di kenali low ink. Hal ini kan terus membekas hingga kita membeli tinta Catride baru. Ada berbagai cara mengakali hal ini. Mengakali dari yang low ink, menjadi full ink atau low ink, tetapi tetap bisa buat ngeprint, dsb.

Dulu sewaktu menggunakan Canon Pixma yang pertama kalo, saya sangat kesulitan dalam pergantian tinta. Karena waktu itu saya tanya Prof.Gogle list tutorial yang ada justru sangat membingungkan, berbelit2, tidak membantu bahkan sempat membuat printer dan komputer baru saya mati beberapa minggu. Tetapi seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang saya dapat, secara tidak sengaja saya menemukan cara yang super sederhana untuk mengatasi penggantian tinta Canon Pixma 1900 ini.

Caranya sederhana :
1. Begitu tinta printer anda habis, anda tinggal Suntik Refill Catride Canon anda tersebut, bisa suntik sendiri atau suntik di tempat2 Refill pada umumnya.

2. Setelah terisi penuh, masukan aja Catride pada tempatnya, dan langsung buat nge-print seperti biasanya

3. Nah disini akan keluar pesan eror, pesan kalo Tinta Low ink atau No Ink/Tinta habis. Dan itu biasanya di tandai kedip2 lampu blink2 orange pada printer. Nah selama proses ini, kan di layar anda akan keluar notification low ink, seperti akan ngeprint tp proses ngeprint terhenti tidak bisa di jalankan.

4. Setelah proses yang terhenti itu, Tekan aja tombol RESUME pada printer anda 2x. Masing2 kira2 20 detik. Ini tujuan nya semacam mereset Printer itu sendiri. Jika berhasil maka dokument anda akan berhasil di Print dengan notofikasi yang tetap bertuliskan bahwa Catride anda low ink. Mantaff kan?? dan mulai sekarang anda tidak perlu kawatir mau suntik tinta beberapa kali banyaknya selama Catride masih oke, cara sederhana ini bisa di lakukan. hehe

5. Kondisi jika langkah 1-4 gagal ? Mudah. Anda tentu di bawain CD instaler+driver dari Canon itu sendiri kan. Nah sebelum menjalankan langkah 1-4, instal ulang aja CD itu ke komputer anda, tujuannya biar driver bisa refresh seperti waktu pertama membeli.

Ok gitu aja tips sederhana saya, selamat mencoba ^_^

0 comments:

Post a Comment